Memasuki penghujung bulan Oktober, segenap sivitas akademika Institut Pertanian Bogor (IPB) tengah menantikan dan disibukkan oleh rangkaian suksesi pergantian kepemimpinan. Rencananya, tanggal 13 hingga 17 November menjadi waktu yang ditetapkan untuk pemilihan rektor IPB 2017-2022. Tiga nama calon telah diusung oleh Majelis Wali Amanat (MWA), mereka yakni Dr Arif Satria, Prof. Muh. Yusram Massijaya, dan Prof. Yonny Koesmaryono.

 

Menyertai momen penting ini, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa IPB (BEM KM IPB) secara serius ikut mengawal keberjalanan pemilihan rektor. Berbagai program telah dilakukan dalam rangka memastikan pergantian tampuk kepemimpinan berjalan lancar. Program-program tersebut di antaranya berupa konsolidasi mahasiswa, perumusan kontrak sosial calon rektor, dan penjaringan aspirasi mahasiswa.

 

Selain melakukan konsolidasi mahasiswa, BEM KM IPB pun melakukan audiensi dengan pihak MWA, seperti yang baru saja dilangsungkan pada Senin (30/10) lalu. Audiensi tersebut mempertemukan suara mahasiswa yang diwakili oleh Presiden Mahasiswa (Presma) Panji Laksono dan Wakil Presma Fahrizal Amir dengan Prof. Dr. Ir. Muhammad Ahmad Chozin, M.Agr selaku Ketua MWA.

 

Audiensi tersebut membahas mengenai tenggat waktu penyerahan makalah grand design masing-masing calon rektor kepada MWA, serta teknis pelaksanaan sidang paripurna MWA. Telah ditetapkan, bahwa terdapat dua bentuk sidang paripurna MWA yang akan dilaksanakan pada 15 November mendatang, yakni sidang terbuka dan sidang tertutup. Dalam sidang terbuka, tiap-tiap unsur MWA memiliki kesempatan untuk bertanya kepada masing-masing calon rektor.

 

Hal tersebut disambut baik oleh BEM KM IPB yang menghimbau agar seluruh mahasiswa berperan aktif dengan menyalurkan suaranya kepada MWA Unsur Mahasiswa, yakni Panji Laksono selaku Presma. Demi memastikan seluruh suara terdengar dan terhimpun, BEM KM IPB pun tidak pasif hanya menunggu. Melalui Kementrian Kebijakan Kampus, tujuan ini coba direalisasikan dengan diusungnya kegiatan Konsolidasi Ormawa IPB. Konsolidasi yang akan dilangsungkan pada Selasa (31/10) malam ini menghadirkan tema “Perumusan Kontrak Sosial Rektor IPB 2017-2022.