BOGOR. Ada yang unik dari salah satu departemen di Institut Pertanian Bogor (IPB). Kampus yang merupakan kiblatnya ilmu-ilmu pertanian ini juga ternyata mejadi pelopor disiplin ilmu baru yang belum populer di Indonesia. Ialah ilmu tentang keluarga, yang digarap secara serius di departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK), Fakultas Ekologi Manusia (FEMA). Departemen yang baru terbentuk pada tahun 2005 ini memiliki tiga fokus peminatan, yakni ilmu keluarga, perkembangan anak, dan ilmu konsumen. Terlepas dari kurang familier-nya disiplin ilmu ini di Indonesia, nyatanya ranah ini menjadi kajian yang digeluti secara serius di belahan dunia lain, terutama Amerika Serikat.

 

Mengamini minimnya informasi masyarakat tentang ilmu keluarga, Himpunan Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen (Himaiko) hadir untuk mengubah situasi tersebut. Naila Aila Marhama, selaku ketua Himaiko, telah menyusun agenda demi tercapainya visi dan misi himpunan yang dinakhodainya. Dengan mengusung nama Kabinet Lekat, Naila berharap Himaiko dapat membuat mahasiswa IKK menjadi semakin berprestasi, dan lebih banyak berkontribusi dalam pengembangan keilmuan keluarga dan konsumen di masyarakat. Sehingga, dapat timbul kebanggaan dalam diri segenap mahasiswa atas ilmu yang ditekuninya.



Naila Aila Marhama, Ketua Himaiko 2018


Untuk mewujudkan tujuan tersebut, berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, Himaiko selalu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menarik dan inspiratif. Kegiatan tersebut di antaranya:


Pelatihan Sofskill Mahasiswa IKK

Ragam keahlian yang dilatih, yakni pelatihan public speaking, pelatihan penulisan, pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), kegiatan beauty class, serta pelatihan videografi.

 

Pemilihan Duta Konsumen

Kegiatan ini dilaksanakan oleh departemen Consumer Club (salah satu divisi di Himaiko), guna memilih Mahasiswa IKK yang memiliki kepedulian dalam bidang konsumen. Nantinya, Duta Konsumen memiliki kewajiban untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait cara menjadi konsumen yang bijak dan cerdas.

 

Family and Consumer Day

Family and Consumer Day berisi seminar parenting dengan tema Melindungi Anak dari Bahaya Narkoba dan Pornografi di Era Digital, pembicara pada seminar yang telah dilaksanakan pada bulan Juli lalu yaitu Tika Bisono (Psikolog), Dr. Ir. Dwi Hastuti, M.Sc (ahli perkembangan anak), dan Rini S (Psikolog).

 

Expanding the Capabilities

Expanding the Capabilities merupakan program studi banding mahasiswa IKK ke kampus lain. Expanding the Capabilities tahun ini bertajuk IKK Goes to South Korea, yaitu studi banding mahasiswa IKK ke Departement of Child Development and Family Studies, Seoul National University. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2017.


 

Talentique

Merupakan cara apresiasi mahasiswa IKK dan penampilan bakat minat mahasiswa IKK dari angkatan 51-54 dilaksanakan pada bulan Oktober lalu.


 

Hari Anak Ceria

Kegiatan Hari Anak Ceria berisi rangkaian acara, yaitu Gerhana (Gerakan Sehat Anti Narkoba) kegiatan yang bekerja sama dengan komunitas Koppaja (Komunitas Peduli Anak Jalanan) pada bulan Oktober 2017. HAC merupakan acara puncak dari kegiatan Sahabat Child yaitu turun lapang rutin dari Child Development Club dan Sahabat Child (relawan dari mahasiswa IKK) membantu adik-adik jalanan untuk bermain dan belajar secara menyenangkan di daerah Pakuan Bogor dari bulan Maret hingga Oktober lalu. Serta acara Gerhana masuk dalam nominasi Program Kerja Himpro terfavorit 2017 tingkat IPB.