BANDUNG. Adjie Wicaksana berhasil membuat aplikasi asisten pengelola keuangan dengan basis artificial intelligence (kecerdasan buatan). Berkat karya tersebut, alumni Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) 2007 ini, meraih juara pertama bidang Financial Technologi (Fintech) dalam ajang Wirausaha Muda Mandiri yang digelar Bank Mandiri di Universitas Brawijaya, Malang.
Adjie berhasil masuk tahap final dan mejadi juara mengalahkan peserta lain dari kategori alumni/non-mahasiswa berbagai kampus lain di Indonesia.
Aplikasi yang ia buat diberi nama Halofina. Lewat aplikasi ini seseorang akan dibantu dalam pengelolaan keuangan dan investasinya.
"Aplikasi Halofina dapat membantu dalam perencanaan dan membangun strategi investasi yang paling menguntungkan penggunanya, jadi seperti penasehat keuangan," katanya, dikutip dari siaran pers ITB.
Ia menambahkan, pengguna yang memakai aplikasi Halofina akan dibantu dalam membeli produk sesuai kebutuhannya.
Halofina memberikan aplikasi asisten virtual yang dapat membantu keuangan masa depan keluarga menjadi lebih aman dan terencana. Siapa pun bisa menggunakan aplikasi ini. Salah satu fiturnya, Lifeplan, akan memberikan saran mengenai tujuan hidup yang sesuai dan memberikan rekomendasi investasi yang tepat untuk dapat mewujudkannya.
Dalam membuat Halofina, Adjie tidak sendirian. Ia dibantu 15 orang anggota tim. Proses pembuatannya sudah dimulai sejak 2017 akhir dan dibina oleh Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB. Sebelum hadir Halofina, tim mulanya membangun beberapa produk dengan konteks edukasi keuangan secara online. Baru pada Oktober 2017 Halofina mulai dibuat. Proses pengembangan aplikasi tersebut sekitar 6-8 bulan.
Selain itu, dalam proses pembuatannya, tim bekerjasama dengan pakar keuangan yang bersertifikasi dalam membangun algoritma kecerdasan buatan.
"Aplikasinya sekarang sudah mulai rilis tapi belum full fitur. Bisa diakses di Playstore atau Appstore, tapi masih pengembangan untuk integrasi produk," ujarnya.
Adjie mengatakan, rencananya November tahun ini akan ada grand launching Halofina yang sudah full fitur.
Atas prestasi yang telah diraih di ajang Wirausaha Muda Mandiri, Adjie mengaku bersyukur karena telah diberi apresiasi atas usahanya tersebut. Walaupun masih tahap awal, ia berharap, apresiasi ini menjadi motivasi tambahan untuk mereka dalam berkarya dan memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam di bidang keuangan.
Di ajang tersebut, ada tujuh kategori bidang usaha yang dilombakan, diantaranya bidang industri perdagangan dan jasa, boga, ekonomi kreatif, sosial, teknologi digital, teknologi non-digital dan fintech. Selian Adjie, beberapa tenant binaan LPIK-ITB lain juga menjuarai di bidang non teknologi, yakni BIOPS Agrotekno oleh Nugroho Hari Wibowo berhasil juara 2, dan TDE oleh Achmad Arbi yang meraih juara 1.

sumber: kumparan.com