Tenaga fungsional Arsiparis Universitas Padjadjaran mengisi pelatihan pengelolaan arsip dinamis kepada perangkat pemerintahan desa Jatimukti, kecamatan Jatinangor. Pelatihan digelar di Aula Balai Desa Jatimukti, Jatinangor, Jumat (3/5) lalu.

Wawat Setiawati, salah satu fungsional Arsparis Unpad yang hadir pada pelatihan tersebut memberikan materi seputar pengelolaan arsip dinamis aktif dan arsip inaktif yang meliputi: sistem kearsipan pola baru tentang pencatatan surat masuk dan surat keluar dengan menggunakan kartu kendali, tata cara pengisian kartu kendali, pemberlakuan kartu kendali, penyimpanan kartu kendali, penggunaan lembar disposisi, pendistribusian surat, penyimpanan surat dan pemberkasannya, hingga penataan arsip inaktif secara sederhana setelah masa retensi habis.

Usai materi disampaikan, pelatihan dilanjutkan dengan diskusi tentang permasalahan pengelolaan arsip.

“Sangat berterimakasih kepada Tenaga Arsiparis Universitas Padjadjaran yang telah memberikan penyuluhan tentang kearsipan mudah mudahan pelatihan ini aparat desa kami dapat menambah wawasan tentang kearsipan sehingga kami dapat mengelola arisp dengan baik,” ujar Kepala Desa Jatimukti, Roni dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad.

Artikel ini diambil dari: http://www.unpad.ac.id/2019/05/arsiparis-unpad-berikan-pelatihan-kepada-perangkat-desa-jatimukti-jatinangor/