Institut Pertanian Bogor (IPB), melalui Botani Mart, selenggarakan Grand Opening Expo Tani, di Dramaga (6/4). Botani Mart merupakan salah satu unit usaha di bawah koordinasi Direktorat Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan IPB yang berlokasi di Jalan Raya Dramaga, Bogor. Botani Mart menjadi salah satu tempat bagi IPB untuk mengenalkan dan memasarkan produk-produk inovasi IPB kepada masyarakat.


Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Rektor bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan, Prof. Erika Budiarti Laconi menyampaikan bahwa IPB akan terus melakukan sosialisasi produk-produk inovasinya. 


"Setiap Sabtu dan Minggu akan ada Expo Tani yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dan berbagai fakultas di IPB. Kita membuka partisipasi seluruh alumni, masyarakat dan mahasiswa untuk bisa ikut berkontribusi. Sekali dibuka maka kita kibarkan bendera IPB, artinya kita ingin terus berkarya dan berbuat yang terbaik untuk masyarakat Bogor. Kita juga melakukan edukasi agar anak-anak kita cinta terhadap pertanian. Kami membuka pintu untuk bapak ibu yang punya lembaga pendidikan baik TK, SD, SMP bahkan SMA untuk datang ke Botani Mart untuk diberikan edukasi," tutur Prof. Erika.


Expo Tani ini dirancang sebagai program rutin mingguan di Botani Mart. Setiap hari Sabtu dan Minggu, Expo Tani diadakan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Bogor akan kehadiran Botani Mart. Di sini masyarakat bisa mengetahui bermacam produk inovasi IPB. Selain itu, masyarakat juga bisa berbelanja aneka bibit buah-buahan unggul yang beberapa diantaranya adalah bibit bersertifikat.


Lita Herlinawati selaku Manajer Botani Mart menyampaikan bahwa terdapat berbagai produk yang disediakan Botani Mart, mulai dari tanaman hias, bibit buah dan sebagainya. Di Botani Mart juga terdapat unit lainnya seperti restoran dan retail dimana dapat dijumpai produk inovasi dosen, mahasiswa dan warga IPB.


"Dari hasil evaluasi penjualan kami, bibit buah unggul yang laku keras adalah jeruk limau, kemudian durian. Kami punya berbagai koleksi durian mulai dari montong, otong, musang king, matahari, bawor, duri hitam, pelangi, bahkan B26 dari Malaysia juga ada. Kami menyiapkan bibit yang kecil, bibit kaki tiga dan juga bibit umur dua tahun sehingga menyingkat waktu agar konsumen bisa segera menikmati buah. Kami juga ada bibit tanaman obat seperti bidara, zaitun, rempah-rempah dan sebagainya. Botani Mart buka dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Fasilitas yang ada di Botani Mart juga cukup lengkap, selain retail juga ada taman satwa, gazebo istirahat serta mushola terapung," ujarnya.


Menurutnya, pengunjung bisa membawa keluarganya ke Botani Mart karena selain mencari bibit, keluarga juga bisa rekreasi. Pada akhir pekan kita mengadakan bazar dan ada menu khusus weekend yang ditawarkan restoran di Botani Mart.


“Menu unggulan kita adalah Paket Mancing Mania, dimana sebelum menyantap ikan, konsumen bisa memancing sendiri di kolam kami sehingga ada pengalaman rekreasi juga. Ke depan, masyarakat tidak bingung lagi mencari produk-produk inovasi IPB. Semisal ada tamu, kenalan atau keluarga dari luar Bogor, bisa berkunjung dan mendapatkan produk-produk inovasi IPB di Botani Mart. Pengunjung juga bisa datang untuk memesan bibit tanaman dan bisa dikirimkan ke tempat konsumen di sekitar Bogor,” ujarnya. (IR/Zul)