BANDUNG. Dalam ajang Huawei ICT Competition di Indonesia, tiga mahasiswa Institut Teknologi Bandung berhasil menyabet juara pertama. Mereka mengalahkan 61 mahasiswa lainnya dalam final yang diadakan Senin kemarin. Tiga mahasiswa itu akan mengikuti kompetisi di tingkat regional. Melawan sejumlah negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Australia.


"Satu tim akan bertanding pada kompetisi tingkat South East Asia di tahun mendatang," kata Kepala Eksekutif Huawei, Hudson Liu, di Jakarta, Selasa 18 Desember 2018. 


Tiga mahasiswa itu adalah Samuel Christian Coe (Semester 7 Teknik Elektro), Bagas Purwa Sentika (Semester 5 Teknik Telekomunikasi), dan Michal G.N Sihombing (Semester 7 Teknik Telekomunikasi). Samuel menyatakan, mereka dilatih beragam keterampilan teknologi informasi dan komunikasi oleh mentor mereka yang juga berasal dari ITB. 


"Kemarin pas latihan itu banyak ya yang diajarkan. dari networking, dari outing switching terus wireless dan security. Di situ saya belajar banyak hal sih," kata dia. 


Untuk persiapan menuju tingkat regional, dia pun menyatakan akan terus berlatih. Selain dengan mentor dia mengatakan pihak Huawei juga akan mengadakan mentoring. Untuk juara kedua kompetisi TIK pertama di Indonesia adalah tim dari Universitas Telkom. Sedangkan juara ketiga adalah Universitas Multimedia Nusantara. Rektor Universitas Telkom, Adiwijaya mengatakan, persiapan timnya memang sangat kurang. Namun dia meyakini mahasiswanya memberikan yang terbaik untuk kompetisi tersebut. 


"Namun demikian kami bilang kami memiliki budaya nilai mengembangkan harmoni, excellentintegrity. Poin excellent ini adalah kesempatan selalu memberikan yang terbaik, itu yang selalu kami semangati ke mahasiswa. Alhamdulillah dibuktikan dengan raihan ini," kata dia.


Sumber: https://www.viva.co.id