Pada hari Selasa (24/05/2019) kemarin, Universitas Indonesia mengadakan penandatanganan kesepahaman bersama dengan dua kabupaten, yaitu kabupaten Dairi dan kabupaten Buru. Bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Pusat Administrasi Universitas Indonesia, Depok, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met selaku Rektor Universitas Indonesia menyambut hangat kedatangan dua bupati daerah tersebut.

Dalam sambutannya, Anis mengemukakan bahwa Universitas Indonesia merupakan universitas yang komprehensif serta memiliki peran signifikan dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

“Untuk melaksanakan peran tersebut, kita mempunyai strategi untuk membangun kemitraan, salah satunya bekerja sama dengan pemerintah daerah dan lembaga-lembaga pendidikan daerah,” paparnya.

Bupati Kabupaten Dairi, Eddy Berutu, menyetujui langkah Universitas Indonesia untuk melakukan kerjasama. Eddy menyasar Fakultas Vokasi sebagai mitra untuk potensi pariwisata dan meningkatkan kualitas edukasi SDM dengan memonitor tata kelola dan perilaku jajaran direksi dan pejabat daerah tersebut.

Sementara itu, Ramly I. Umasugi, S.Pi, Bupati Kabupaten Buru, menceritakan program kerja yang dicanangkan untuk meningkatkan kualitas SDM.

“Ada dua program kerja, yaitu Gerakan Bopolo Membaca dan Gerakan Bopolo Mengaji (Gelora). Dan juga, kita menargetkan tahun 2020 sebagai tahun peningkatan SDM,” jelasnya.

Setelah penandatanganan selesai, acara dilanjutkan dengan diskusi untuk membahas lebih lanjut mengenai poin utama kerjasama, yaitu edukasi dan peningkatan SDM.

“Kerjasama yang dilaksanakan bukan hanya sekadar seremonial saja, tetapi bisa diimplementasikan dengan kontribusi Universitas Indonesia dan daerah untuk kedepannya,” tutup Anis.

 

 

Sumber: ui.ac.id