Bertempat di Ruang Rapat Kantor Pusat Administrasi Unsoed, berlangsung sosialisasi mengenai Aplikasi Seminar Ilmiah Unsoed atau yang disebut “UNSOED-CONFERENCE”, Jum’at (03/5). Kegiatan yang diprakarsai oleh Lembaga Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi / LPTSI Unsoed ini dihadiri oleh Ketua LPTSI beserta staf, para Wakil Dekan Bidang Akademik, dan para staf administrasi perwakilan unit kerja/Fakultas.


Ketua LPTSI Dr. Oedjijono M.Sc mengatakan bahwa “UNSOED-CONFERENCE” adalah aplikasi online untuk kepentingan pelaksanaan kegiatan seminar ilmiah yang dilakukan di Unsoed atau seluruh unit kerja dan Fakultas yang ada di Unsoed. Hal ini merupakan salah satu pemenuhan terhadap kewajiban Unsoed dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. “Adanya aplikasi ini adalah untuk memfasilitasi agar menajemen conference yang dilaksanakan oleh unit-unit kerja dapat menjadi satu kesatuan, baik dalam menajemen pengelolaan web, maupun pengelolaan menajemen keuangannya”, ungkapnya.


Purwo Subroto, A.Md (Tim LPTSI) menyampaikan tentang Open Conference System (OCS) yang sudah dibangun oleh LPTSI. Dijelaskan bahwa fitur-fitur UNSOED_CONFERENCE merupakan turunan aplikasi open source dari Open Conference System (OCS) yang dapat digunakan untuk mengelola seminar ilmiah secara daring. Fitur-fiturnya antara lain membuat website seminar, mengelola konferensi berkala, pengumuman undangan mengirimkan artikel (Call for papers), melakukan peer review, publikasi prosiding seminar, menyusun urutan jadwal pelaksanaan seminar, pendaftaran peserta seminar, dan menyediakan template email untuk berbagai keperluan komunikasi seminar. “Alur UNSOED-CONFERENCE sejalan dengan alur dari OCS, yang merupakan penterjemahan proses seminar yang secara konvensional biasa dialakukan”, ungkapnya. Sementara itu Farkhan Masrukhi, Amd (Tim LPTSI) menyampaikan tentang konektor dari Open Conference System (OCS) dengan SIINTAN.


Maju Terus Pantang Mundur, Tak Kenal Menyerah!


 

Sumber: unsoed.ac.id