Program studi Kesejahteraan Sosial (Kesos) Universitas Padjadjaran menggelar Lokakarya “Disability Goes to Campus” dengan tema “Keterampilan Bekerja dengan Populasi Disabilitas”. Acara bertempat di Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpad, Jatinangor, Senin (15/4) lalu.


Lokakarya ini digelar untuk mempromosikan cara pandang inklusi atau proses belajar mengajar bagi siswa berkebutuhan khusus pada kelas reguler, kepada masyarakat. Pekerja sosial menjadi garda terdepan dalam pemenuhan hak-hak kaum disabilitas sehingga terpenuhi rasa keadilan sosialnya.


Diikuti oleh sejumlah mahasiswa Kesos Unpad, lokakarya ini merupakan implementasi dari mata kuliah Kajian Disabilitas dan mata kuliah Praktikum Keterampilan Dasar Pekerjaan Sosial pada prodi Kesos Unpad. Acara ini juga bekerja sama dengan Disabilitas Bergerak Indonesia (DBI).


Mahasiswa diperkenalkan dengan berbagai jenis disabilitas, mulai dari disabilitas yang terlihat (netra, low vision, tuli, daksa) hingga tak terlihat (OCD, bipolar, autisme, kesulitan belajar, gangguan kecemasan berlebihan/anxiety disorder, hingga skizofrenia).


Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tukar pikiran antara mahasiswa dan fasilitator DBI mengenai anggapan yang berkembang di masyarakat perihal disabilitas dan tantangan yang dialami oleh populasinya. Mahasiswa juga diajak bermain empati dengan tujuan membangun rasa empati kepada kondisi yang dialami populasi disabilitas.


Di akhir lokakarya, mahasiswa dan dosen sepakat melahirkan deklarasi komitmen untuk menjadi inklusif kepada populasi disabilitas. Ada lima komitmen yang tertuang pada deklarasi tersebut, antara lain: akan melakukan advokasi tentang disabilitas agar sama dan setara; berusaha untuk melakukan pertolongan pada orang dengan disabilitas di kampus tanpa diskriminasi; akan mendorong kebijakan yang inklusif di kampus;  melakukan sosialisasi kepada semua pihak tentang isu disabilitas; serta mendorong adanya kesempatan untuk disabilitas di bidang kemahasiswaan dan keorganisasian di kampus.*


Rilis: Prodi Kesejahteraan Sosial Unpad/am


Artikel ini dimuat di: http://www.unpad.ac.id/2019/04/mahasiswa-dan-dosen-kesejahteraan-sosial-unpad-deklarasikan-komitmen-inklusif-disabilitas/