Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik  (KKN-T) Institut Pertanian Bogor (IPB) dapat membawa inovasi-inovasi IPB untuk diterapkan dan dimanfaatkan di lapangan demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat secara maksimal. Dengan adanya KKN-T ini, mahasiswa memiliki kepedulian dan komitmen yang tinggi, terampil berkomunikasi dan bekerjasama antar profesi untuk berkontribusi mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat.


Hal ini disampaikan Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB, Dr. Drajat Martianto dalam kuliah pembekalan potensi wilayah di masing-masing kota atau kabupaten lokasi kegiatan KKN-T 2019. Kuliah pembekalan ini dilaksanakan di Common Class Room (CCR), Kampus IPB Dramaga, Bogor (6/4).


“KKN-T IPB ini menjadi kegiatan IPB dalam membantu memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat pedesaan yang dilakukan secara berkesinambungan. Tujuannya untuk memberikan manfaat yang optimal baik bagi masyarakat dan pemerintah daerah maupun bagi IPB sebagai lembaga pengemban Tridharma Perguruan Tinggi,” ujarnya.


Sementara itu, menurut Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB, Dr. Aji Hermawan, pada pembekalan kali ini, LPPM IPB mengundang 30 orang perwakilan dari pemerintah daerah untuk memberikan paparan tentang gambaran dan potensi wilayah tujuan KKN-T 2019. 


“Saya sampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah bersedia menerima mahasiswa IPB untuk melaksanakan KKN-T 2019. Harapan saya, mahasiswa dan masyarakat bisa saling bahu membahu dan bekerjasama dalam meningkatkan, mengembangkan dan memajukan pertanian dengan baik,” ujarnya.(Awl/Zul)