Universitas Negeri Padang, Jumat (26/4) akan mengadakan simulasi bencana gempa bumi dan tsunami. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Lapangan Sepakbola Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP diperkirakan seribuan mahasiswa dari delapan fakultas selingkungan UNP akan ambil bagian. Simulasi bencana gempa bumi dan tsunami terselenggara kerjasama UNP dengan BPBD Kota Padang.


"Simulasi bencana gempa bumi dan tsunami yang melibatkan 1000 mahasiswa UNP ini untuk memberikan pengetahuan mengenai basic disaster. Semoga kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsagaan Bencana ini nantinya dapat berjalan lancar," ujar Sekretaris BPBD Kota Padang Hendra Mardi," usai rapat persiapan, Rabu (24/4), turut hadir dalam rapat persiapan itu, pakar gempa UNP, Rusnardi dan pakar lingungan hidup, Indang Dewata dan Syamsul Bahri, Subag Kemahasiswaan di ruang sidang WR3 UNP.


Selain itu, lanjut dia untuk membangun budaya gotong royong, kerelawanan, dan kedermawanan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk melihat tingkatan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana. Ditambahkannya, simulasi bencana juga digelar untuk memperingati 12 tahun disahkannya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana. Momen ini diperingati dengan latihan kesiapsiagaan bencana yang dilakukan serentak di Indonesia pada setiap tanggal 26 April.


Sementara itu pakar gempa UNP, Rusnardi menjelaskan kegiatan simulasi basic disaster tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan mahasiswa dalam menghadapi bencana. Sehingga ketika bencana terjadi yang tidak bisa diprediksi kapan waktunya terjadi, para mahasiswa UNP bisa lebih siap siaga dalam menghadapi bencana tersebut.

 

Sumber: unp.ac.id