Keberadaan Universitas Perwira Purbalingga (Unperba) diha­rapkan dapat menyerap pelajar asal Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Hari ini, alhamdulillah, saya baru saja bersama Ibu Bupati, Ibu Tiwi (Pe­laksana Tugas Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi) melakukan pele­takan batu pertama atas pembangunan kampus yang bernama Universitas Perwira Purbalingga,” kata Ketua DPR, Bambang Soesatyo, yang akrab dipanggil Bamsoet, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/10).

Dia mengatakan Unperba merupakan perguruan tinggi pertama di Purbalingga karena selama ini masyarakat kabu­paten itu mengirimkan anak-anaknya untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar daerah.

Dengan adanya Unperba, kata dia, anak-anak Purbal­ingga tidak perlu lagi melanjutkan pendidikan tinggi di luar daerah karena bisa kuliah di daerahnya sendiri sehingga sambil berkuliah tetap dapat membantu orang tuanya da­lam kegiatan sehari-hari.

Sementara dari sisi ekonomi, lanjut dia, tidak perlu keluar dari Purbalingga sehingga tetap dapat berputar di kabupa­ten itu. “Kita berharap Purbalingga dengan kampus barunya menjadi daya tarik pendidikan baru. Kita berharap dari luar Purbalingga juga nanti ada yang disekolahkan di Universi­tas Perwira Purbalingga,” kata Bambang. 


Dikutip dari koran-jakarta.com