Universitas Gadjah Mada Futsal Championship (UGMFC) 2019 merupakan salah satu turnamen futsal putra dan putri antar universitas terbesar di Indonesia. UGMFC tahun ini sudah memasuki tahun ke-8.


UGMFC diadakan setiap tahun oleh Universitas Gadjah Mada di bawah naungan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepakbola dan Futsal. Kepanitiaan di dalam UGMFC ini terdiri dari beberapa mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Gadjah Mada. Tahun ini UGMFC akan diadakan pada tanggal 20-28 April 2019. Jumlah peserta sebanyak 32 tim putra dan 11 tim putri.


Rangkaian acara yang akan diadakan dalam UGMFC 2019 ini, antara lain:


1. Technical Meeting

Technical Meeting (TM) adalah kegiatan yang dilakukan sebelum rangkaian acara dimulai. TM dilaksanakan untuk menetapkan peraturan/regulasi yang akan diterapkan selama turnamen berlangsung. TM dihadiri oleh wasit, panitia, dan perwakilan tim yang akan bertanding. Technical Meeting akan diadakan pada:


Tanggal : Sabtu, 20 April 2019
Pukul : 14.00 – 16.00 
Tempat : Ruang PAU, MM FEB UGM

2. Gala dinner


Gala dinner adalah acara yang diadakan guna menyambut peserta sekaligus membuka secara resmi UGMFC 2019. Beberapa hal yang akan dilakukan disini, pertama akan ada sambutan dari Perwakilan Rektorat Universitas Gadjah Mada, Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa Sepakbola & Futsal UGM, Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Sepakbola & Futsal UGM dan Ketua Pelaksana UGMFC 2019. Setelah itu akan ada beberapa hiburan dari Unit Kegiatan Mahasiswa lain yang ada di UGM, seperti UKM Band dan UKM Tari Aceh. 


Sembari menikmati hiburan, tamu undangan dan peserta dipersilahkan makan malam bersama. Selesai hiburan dan makan, akan diadakan drawing untuk menentukan pembagian grup dan setelah drawing akan ada parade jersey dari mahasiswi UGM. Jadi disini beberapa mahasiswi UGM menampilkan jersey dari tiap peserta. Sesuatu yang baru juga di tahun ini, akan ada mascot yang akan diperkenalkan pada saat gala dinner nanti. Setelah semua acara tersebut selesai, akan dilakukan manager meeting. Tujuannya setiap manajer tim akan berkumpul dengan manajer lain yang timnya menjadi satu grup guna membahas jadwal dan warna jersey yang akan digunakan saat bertanding agar tidak ada kesamaan warna pada jersey. Gala dinner akan diadakan pada:


Tanggal : Sabtu, 20 April 2019
Pukul : 17.30 – 22.00 
Tempat : University Club Hotel UGM

3. Pertandingan


Pertandingan UGMFC 2019 akan diadakan menggunakan sistem setengah kompetisi. Dari jumlah peserta putra sebanyak 32 tim akan dibagi kedalam 8 grup dan tiap grup akan diisi oleh 4 tim. Tim yang berhak lolos ke babak penyisihan adalah juara grup dan runner up. Lalu dari jumlah peserta putri sebanyak 32 tim akan dibagi kedalam 3 grup, dua grup akan berisi 4 tim tiap grupnya dan satu grup akan berisi 3 tim. Agar adil, setiap tim hanya akan bermain 2x di babak grup dengan melawan tim yang ada diatas dan dibawahnya. Tim yang berhak lolos ke babak penyisihan adalah juara grup dari ketiga grup tersebut dan satu runner up terbaik. Pertandingan akan diadakan pada:


Tanggal : 21-28 April 2019
Pukul : 08.00 - 20.00
Tempat : Planet Futsal, Ringroad Utara, Yogyakarta

4. Laga Eksebisi


Hal baru lain yang akan diadakan dalam UGMFC 2019 kali ini adalah adanya laga eksebisi antara Tim All-Star UGMFC 2019 melawan beberapa pemain Pro Futsal League Indonesia. Nantinya tim All-Star UGMFC akan dipilih oleh panitia untuk bermain di laga eksebisi ini. 

Tanggal : Minggu, 28 April 2019
Pukul : 18.00-19.00
Tempat : Planet Futsal, Ringroad Utara, Yogyakarta

5. Awarding


Awarding merupakan proses pemberian hadiah dan penghargaan kepada para pemenang yang dilakukan setelah partai final. Beberapa kategori awarding antara lain, juara 1,2,3 futsal putra & putri, Top Score putra & putri, Best Player putra & putri, Best jersey, Best Manager, dan Best Coach putra & putri. Awarding akan dilakukan pada:


Tanggal : Minggu, 28 April 2019
Pukul : 20.00 – 21.00
Tempat : Planet Futsal, Ringroad Utara, Yogyakarta


6. Closing Ceremony


Closing ceremony adalah acara yang menjadi penutup UGMFC 2019. Pada acara ini akan menampilkan sebuah konser dengan bintang tamu Hasoe Angel. Hasoe Angel merupakan sebuah grup musik dari Yogyakarta yang beraliran musik dangdut. Tujuan dari diadakannya closing ceremony ini adalah sebagai hiburan kepada penonton dan peserta UGMFC yang telah bertanding.


Tanggal : Minggu, 28 April 2019
pukul : 21.00-selesai
Tempat : Planet Futsal, Ringroad Utara, Yogyakarta


Sumber: bolalob.com