Lembaga Pemeringkatan Times Higher Education (THE) merilis daftar peringkat 417 perguruan tinggi pada 27 negara di wilayah Asia pada Rabu (1/5) melalui situs https://www.timeshighereducation.com. Universitas Indonesia (UI) berhasil menduduki peringkat 133 perguruan tinggi terbaik di Asia. UI merupakan Perguruan Tinggi pertama di Indonesia yang berhasil menembus daftar pemeringkatan THE dan pada kali ini, peringkat UI mengalami peningkatan dan berhasil diperhitungkan di dalam deretan perguruan tinggi terbaik di Asia.


Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met menuturkan, “Hasil pemeringkatan ini adalah bukti pencapaian UI yang berkesinambungan dalam arena pemeringkatan Internasional. Pengakuan di tingkat internasional membuktikan bahwa standar pengajaran di UI mampu disejajarkan dengan perguruan tinggi lainnya di Asia maupun dunia. Capaian ini menjadi pemicu semangat UI untuk terus berkarya menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi : Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Diharapkan UI akan terus berkontribusi mencetak SDM unggul yang berdaya saing global.”


Lebih lanjut, Prof. Anis menyebutkan, empat pilar penunjang kesuksesan UI yaitu semangat riset, inovasi dan pengabdian masyarakat oleh sivitas akademika UI. Kedua, para tenaga pendidik yang berkualitas serta, ketiga, jaringan internasional yang UI miliki. UI juga tengah meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi jurnal ilmiah internasional serta upaya internasionalisasi melalui peningkatan jumlah tenaga pendidik dan mahasiswa asing dan membangun kerjasama global dengan perguruan tinggi terbaik di Amerika, Australia, Eropa dan Asia.


THE menyebutkan peringkat UI melaju naik dikarenakan skor pengajaran, riset dan  industry outcomes. UI berhasil menduduki posisi di atas peringkat Universiti Sains Malaysia (ranking 150); Kindai University dan Waseda University, Jepang (166). THE juga mencatat bahwa pertumbuhan prestasi Universitas di Asia didominasi atas produktivitas riset dan kerja sama industri. Peringkat Universitas Asia THE 2019 didasarkan atas lima parameter luas seperti yang digunakan dalam pemeringkatan THE pada Universitas Dunia, yaitu pengajaran dengan bobot 25 persen; penelitian dan sitasi penelitian yang masing-masing berbobot 30 persen; diikuti oleh penjangkauan internasional dan kerja sama industri yang masing-masing membawa bobot 7,5 persen.


Artikel ini diambil dari: http://www.ui.ac.id/berita/ui-raih-peringkat-133-perguruan-tinggi-terbaik-asia.html