Ada yang menarik dari pelantikan kepala daerah yang terjadi di Sulawesi Selatan. Jika sebelumnya kebiasan pelantikan dilaksanakan di kantor gubernur, namun kali ini pengambilan sumpah jabatan tersebut diselenggarakan di Kampus Universitas Hasanuddin.


Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengatakan dirinya memiliki alasan yang rasional mengapa harus melantik kepala daerah di kampus tersebut. Sebab, jika diadakan di kantor gubernur maka masyarakat tidak dapat melihat langsung.


"Makanya kita pilih Baruga Andi Pettarani, Kampus Universitas Hasanuddin," ujarnya di Makassar, Rabu (26/9/2018).


Selain itu, lanjut Nurdin, hal tersebut untuk meminimalkan biaya penyewaan alat, seperti tenda. Bahkan dalam pelantikan di kampus, masyarakat yang akan melihat pelantikan juga tidak terpencar-pencar.


Namun yang terpenting, kata orang nomor satu di Sulsel itu, ada pesan yang ingin disampaikan kepada kepala daerah, yakni soal pentingnya kepemimpinan berbasis ilmu pengetahuan.


"Tapi yang lebih penting kepemimpinan harus berbasis ilmu pengetahun. Kampus gudangnya orang pintar. Pemerintah harus sinergi dengan kampus. Jadikan kampus jadi dapur kita," tegasnya.


Ia menambahkan, ke depan pelantikan di kampus-kampus akan dilakukan dan tidak hanya di Unhas, tapi juga di kampus lain di Makassar.


Artikel diambil dari: http://wartaekonomi.co.id