Universitas Lampung (Unila) terima beasiswa senilai Rp600 juta dari Bank Indonesia (BI) yang akan dialokasikan bagi 50 mahasiswa kampus setempat yang telah lolos seleksi.

Serah terima secara simbolis dilakukan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Lampung Budiharto Setyawan kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si., di Auditorium lantai 4 Kantor Perwakilan BI Lampung, Jumat (28/6/2019).

Beasiswa BI akan diberikan kepada mahasiswa Unila program sarjana reguler yang memiliki prestasi akademik serta memunyai pengalaman aktivitas sosial kemasyarakatan yang baik, namum dari latar belakang ekonomi keluarga prasejahtera.

Budiharto menyampaikan, BI dengan semangat dedikasi untuk negeri berkomitmen terus berkontribusi, berempati, dan peduli membantu mengatasi permasalahan sosial, ekonomi, dan pendidikan.

Program Beasiswa BI merupakan bentuk perwujudan peran aktif BI dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dan mahasiswa. Beasiswa dapat digunakan untuk mendukung biaya pendidikan, tunjangan cuti, maupun biaya hidup.

Para mahasiswa penerima beasiswa ini diwadahi dalam komunitas Generasi Baru Indonesia (Genbi) sejak tahun 2012 hingga saat ini. Penyaluran program beasiswa telah dilaksanakan BI Perwakikan Provinsi Lampung melalui jalinan kerja sama dengan Perguruan Tinggi di Provinsi Lampung.

Universitas penerima beasiswa yakni Universitas Lampung, UIN Raden Intan, menyusul Itera, UBL, dan IAIN Metro. “Setiap tahunnya kami akan memberikan beasiswa kepada 50 mahasiswa senilai Rp1 juta per bulan yang dapat diambil 6 bulan sekali,” ujar Budi.

Beasiswa yang kami salurkan merupakan bentuk investasi kesuksesan dan prestasi mahasiswa. Mahasiswa penerima beasiswa harus mau dan mampu menghadapi tantangan ke depan dengan ukuran prestasi. “Indeks Prestasi tetap harus dipertahankan. Kalau IP-nya turun, mohon maaf beasiswanya diputus,” tutupnya.

Ketua Umum Genbi Lampung Muhammad Rio menambahkan, BI selain memberikan beasiswa juga memfasilitasi Genbi pada program Leadership Camp 2019. Kali ini Genbi mengusung tema yang bermakna, saatnya para generasi muda untuk belajar memimpin Kelak generasi muda akan menjadi pembaharu-pembaharu kreativator sekaligus inovator untuk bangsa dan negara Indonesia.

 

Sumber: unila.ac.id