Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Dr. Lalu Husni SH., M.Hum menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan Direktur PT. Angkasa Pura I (Persero) yang diwakili oleh General Manager Bandara Internasional Lombok, Nugroho Jati tentang Penyelenggaraan Program Diploma III Pariwisata Konsentrasi Kebandarudaraan di Ruang Sidang Rektor, Rabu (19/6).

Melalui kerja sama ini, PT. Angkasa Pura I (Persero) nantinya akan memberikan beasiswa kepada lulusan SMA/SMK berprestasi yang berada diwilayah kerja PT. Angkasa Pura I (Persero), untuk dididik menjadi calon-calon tenaga kerja yang profesional dibidang kebandarudaraan.

Senada dengan hal tersebut, Prof. Husni dalam sambutannya mengatakan bahwa konsentrasi Kebandarudaraan ini sangat penting dalam rangka mempersiapkan SDM yang mumpuni di bidang kebandaraan yang sangat dibutuhkan di era saat ini, dimana bandara memegang peranan yang sangat vital dalam rangka menunjang sektor perekonomian, pemerataan pembangunan, akselerasi pembangunan nasional dan daerah, serta mempersatukan kedaulatan wilayah NKRI.

“Konsentrasi kebandarudaraan ini, berada di bawah Diploma III Pariwisata Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang telah ada saat ini di Unram dan penerimaan mahasiswa konsentrasi kebandarudaraan ini akan mulai pada tahun ini,” terang Prof. Husni.

“saya berharap kerja sama ini dapat terus berjalan secara berkesinambungan, karena tersedianya SDM yang mumpuni di bidang kebandarudaraan sangat diperlukan untuk menunjang operasional bandara khususnya Indonesia Tengah dan Timur mulai dari Bandar Udara Internasional Adisutjipto di Yogyakarta sampai Bandar Udara Frans Kaisiepo di Biak, Papua.”lanjutnya.

Sumber daya dan kurikulum yang akan diterapkan dalam penyelenggaraan konsentrasi kebandarudaraan ini nantinya akan ditetapkan secara bersama-sama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan PT. Angkasa Pura I (Persero).

Sementara itu, Nugroho Jati saat mewakili Direktur PT. Angkasa Pura I (Persero) menyampaikan sambutan berharap melalui pendidikan yang ditempuh, nantinya penerima beasiswa dapat memiliki kompetensi yang memadai baik dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap/attitude dalam bidang pelayanan, komunikasi, bahasa inggris, dan dalam bidang kebandarudaraan, sehingga nantinya siap bekerja sebagai personil operasional di bandara.

“seluruh kompetensi tersebut akan dikemas dalam mata kuliah yang diberikan pada Program Diploma III Pariwisata dengan konsentrasi kebandarudaraan yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Unram.”pungkasnya.

Nugroho Jati juga mengungkapkan bahwa PT. Angkasa Pura I (Persero) memilih Unram sebagai tempat pelaksanaan pendidikan bagi peserta penerima beasiswa karena Unram merupakan salah satu universitas di Indonesia yang telah memiliki pengalaman yang sangat panjang, dalam mendidik mahasiswa agar memiliki kompetensi memadai yang dibutuhkan di dunia kerja.  yaitu sejak tahun 1962.

Disamping itu, lokasi Unram yang berada diwilayah kerja PT. Angkasa Pura I (Persero), yaitu Bandara Internasional Lombok dan Eks Bandara Selaparang di pandang dapat memudahkan dalam melakukan koordinasi dan komunikasi dalam pelaksanaannya.

 

Sumber: unram.ac.id