SEMARANG. Fakultas Psikologi Undip terima penganugrahan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atas kerjasama pelatihan yang diselenggarakannya dengan Charoen Pokphand Foundation, Jumat (24/8). Kerjasama pelatihan bertajuk “Bakti pada Guru” yang dimulai sejak September 2017 merupakan CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Charoen Pokphand Indonesia, dengan sasaran guru-guru SD dan SMP. Kegiatan yang melibatkan dosen dan mahasiswa psikhologi untuk memberikan pelatihan, dilakukan secara estafet dan berkelanjutan di berbagai wilayah kabupaten/kota di seluruh wilayah Indonesia.


Sebelumnya, Rekor MURI telah memberikan pada Charoen Pokphand Foundation pada kegiatan pelatihan tanggal 11 Juli 2018 di Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang. Selanjutnya bertempat di Aula dekanat fakultas psikologi Undip, Presiden Direktur PT. Charoen Pokphand Indonesia Dr.(H.C) Tjiu Thomas Effendy, SE, M.B.A menyerahkan penghargaan MURI ini pada Rektor Undip yang kemudian diteruskan pada Dekan Fakultas Psikhologi Undip, Dr.Hastaning Sakti, M.Kes Psikolog.


Dalam sambutannya dekan fakultas psikologi menyampaikan bahwa program pelatihan penguatan pendidikan karakter ini bertujuan untuk mewujudkan guru-guru SD dan SMP yang“IDEAL” (Inspiratif, Dedikatif, Empatik, dan ber-Akhlak Luhur) yakni menekankan sikap moral bagi upaya mewujudkan bangsa yang produktif dengan gagasan baru dan mengantisipasi kebutuhan yang akan datang. Guru yang “IDEAL” diharapkan dapat menginisiasi dan menginspirasi guru dalam meningkatkan keterampilan untuk membangun karakter ke Indonesiaan siswa serta menjadi panutan dalam pembentukan karakter bagi siswa didiknya.


Menurutnya, program ini sangat membantu guru-guru SD dan SMP, terutama mereka yang ada di daerah pinggiran dan pelosok negeri. Program pengembangan diri bagi guru diharapkan dapat membangun pemahaman dan kecintaan terhadap diri dan profesi; meningkatkan kompetensi yang memadai secara profesional, pedagogik, maupun social. Selain itu juga dapat mewujudkan diri yang pretatif dan menjadi pencerah bangsa, yaitu melalui penyusunan dan aktualisasi program yang kreatif dan inovatif bagi lingkungan di sekolahnya. “Sampai saat ini tercatat 1452 guru di seluruh Indonesia yang sudah mendapatkan pelatihan penguatan pendidikan karakter dan masih ada 34 kabupaten /kota yang masih kami garap sampai dengan akhir tahun” tutur pakar psykologi Undip.


Hasta menambahkan bahwa program pelatihan ini juga sekaligus menjadi laboratorium sosial alami bagi dosen dan mahasiswa psikologi, karena dengan terjun langsung ke pelosokwilayah di suluruh Indonesia, mereka mengetahui dan memahami berbagai kemajemukan karakter dan ragam budaya masyarakat Indonesia.


Presiden Direktur PT. Charoen Pokphand Indonesia Dr. (H.C) Tjiu Thomas Effendy, SE, M.B.A sangat mengapresiasi prestasi Fakultas Psykhologi Undip yang sudah sukses menyelenggarakan pelatihan karakter guru SD dan SMP secara nasional yang melampaui ekspetasinya. Menurutnya program ini sejalan dengan tujuan CSR perusahaan yang dipimpinnya karena pendidikan karakter harus dimulai dari guru sehingga dapat menjadi panutan bagi siswa didiknya dan program ini sejalan dengan tujuan dari CSR perusahaan yang dipimpinnya. Dalam kurun waktu 5 sampai 10 tahun mendatang, diharapkan siswa siswa ini memiliki karakter dan jati diri bangsa yang kuat. “kita akan evaluasi dan gelontorkan CSR tahap kedua sebagai wujud tanggung jawab moral dan kecintaan PT. Charoen Pokphand Indonesia untuk negeri yang kita cintai” tandasnya.


Artikel ini diambil dari: https://www.undip.ac.id/language/id/archives/10189