Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama dengan PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero. Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman antara Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad dan Direktur Utama PT. SMI Emma Sri Martini di Ruang Rektor Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (6/8).

Dalam kesempatan tersebut Emma mengatakan, ada beberapa rencana kerja sama akademik maupun nonakademik yang ditawarkan PT. SMI kepada Unpad. Terkait kerja sama akademik, Emma menawarkan kerja sama penelitian dan publikasi terhadap layanan yang dilakukan perusahaan proyek infrastruktur tersebut kepada para pemangku kepentingan.

“Kami punya amanat dari Kementerian Keuangan untuk pembiayaan kepada pemerintah daerah itu harus diukur terkait social economic impact dan benefitnya,” kata Emma.

Banyaknya proyek yang dilakukan PT. SMI di daerah Jawa Barat mendorong PT. SMI menggandeng Unpad untuk analisis dampak sosial ekonominya. Emma menilai, Unpad memiliki banyak ahli yang bisa membantu terkait analisis ini.

Emma melanjukan, PT. SMI juga memiliki fokus terhadap implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. Perusahaan milik negara itu pun banyak melaksanakan proyek pembangunan yang sejalan dengan beberapa capaian dalam SDGs. Proyek ini didanai dari lembaga donor internasional yang juga memiliki perhatian terhadap SDGs.

Melihat adanya komitmen Unpad terhadap SDGs, Emma membuka fasilitasi bagi Unpad dalam hal menjalankan berbagai proyek implementasi SDGs. Rencana kerja sama lainnya adalah mendukung aktivitas penelitian dan publikasi bersama melalui program Corporate Social Responsibilty (CSR) PT. SMI.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini disaksikan langsung dari pihak Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan RI. Dari Unpad, turur hadir sejumlah pimpinan universitas dan fakultas.

Selain menjalin kerja sama dengan PT. SMI, Rektor juga menandatangani Nota Kesepahaman dengan Komisaris Utama PT. Bintangraya Lokalestari Dhanny Handoko, pada tempat dan waktu yang sama. Acara penandatanganan Nota Kesepahaman ini dihadiri langsung Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sarjono.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilakukan dalam rangka kerja sama pengembangan program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kecamatan Cikidang dan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Unpad dipercaya PT. Bintangraya Lokalestari sebagai mitra untuk pengembangan “Agro Health Ecopark” yang akan mendukung terwujudnya KEK di Kabupaten Sukabumi.

Artikel ini diambil dari: http://www.unpad.ac.id/2018/08/unpad-jalin-kerja-sama-dengan-dua-perusahaan-nasional/