Padatnya aktivitas di kampus kerap kali membuat para mahasiswa kehilangan semangat menjalani hari. Ungkapan ‘butuh piknik’ menjadi guyonan yang tepat kala suntuk telah merajai, namun pergi piknik di sela-sela tumpang tindihnya agenda bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi para mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang biasa menjalani hari di Kampus IPB Dramaga. Kendala waktu menjadi poin penghalang utama karena kemacetan di Jalan Raya Dramaga sudah menjadi pemandangan sehari-hari, penghalang kedua bisa muncul juga saat merogoh saku dan yang tersisa hanyalah wajah sangar Pattimura.

 


Tapi jangan sedih, dengan mengubah—sedikit saja—cara pandang kita soal piknik, mahasiswa dengan segudang kegiatan pun bisa tetap menenangkan jiwa tanpa perlu khawatir esok hari sulit bertemu nasi. Jika yang kalian perlukan adalah suasana indah nan tenang, beberapa titik di kampus IPB Dramaga ini bisa menjadi tempat piknik alternative, lho.


 

1.   Bambu Teduh Al-Hurriyyah

Di dekat kawasan Mesjid Al-Hurriyyah IPB, jika kita berjalan sedikit ke arah Perumahan Dosen, maka akan kita jumpai rimbunnya pepohonan bambu. Bagi orang yang sarat akan imajinasi, berkeliling di kawasan ini (bahkan duduk-duduk sambil ngemil juga bisa hehe, asal hati-hati saat ada motor lewat) tak kalah seru dengan mendatangi destinasi wisata alam lainnya. Hapus dulu fakta kalau kalian sedang berada di kawasan kampus, tapi cobalah hanya menikmati semilir angina yang menyentuh kulit, hijaunya dedaunan yang menyejukkan mata, dan indahnya kilau sang surya yang mengintip dari celah pepohonan.





2.  Taman Danau IPB

Titik lain yang tak kalah asri dari kawasan pepohonan bambu adalah sebuah taman di dekat Danau IPB. Tempat ini cocok bagi kalian yang ingin piknik sambil tetap mengerjakan tugas-tugas kecil, karena terdapat saung yang nyaman pula digunakan untuk belajar. Jika kalian mengamati dengan saksama ke sekitar danau, acap kali berbagai fauna dapat dijumpai, seperti burung, monyet, dan kadangkala ada biawak juga lho.






3.   Koin IPB

Nah, kalau tempat ini sih sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa IPB. Yap, sebuah logo besar IPB yang berada di kawasan Taman Rektorat ini secara tidak resmi sudah menjadi tempat wajib bagi para wisudawan atau mahasiswa baru untuk berfoto. Memang, kalau dilihat kondisi sekitar, kadangkala kawasan ini tampak kotor dan kumuh, tapi jika kalian datang di waktu yang tepat, pemandangan menarik saat air mancur di sekeliling koin mengudara cukup asyik memanjakan mata. Yakin deh, teriknya sinar mentari siang hari dan panasnya udara Dramaga bisa sejenak kita abaikan dulu!