Lagi, Universitas Indonesia berhasil memenangkan kompetisi Harvard World MUN 2018. Enam mahasiswa Universitas Indonesia berhasil meraih enam penghargaan “Verbal Commendation” di Harvard World Model United Nations (World MUN) yang berlangsung pada Maret 12, 2018 hingga Maret 16, 2018 di Panama City, Panama. Acara tersebut diselenggarakan oleh Harvard University. Enam mahasiswa tersebut adalah Laras Thyrza Amandari (FH 2016), Muhammad Naufal Lubis (FT 2014), Edward Candy (FH 2016), Sarah Christine (FKM 2015), Vini Alya (FISIP 2015), Alfredo Andrianto (FT 2014). World MUN adalah simulasi siding PBB tertua, terbesar, dan paling prestisius di dunia yang diikuti lebih dari 2000 peserta dan lebih dari 110 negara setiap tahunnya. Dalam kompetisi ini, setiap mahasiswa mewakili satu negara dalam membahas suatu isu atau topik terkini dunia yang telah ditentukan oleh panitia World MUN. Keenam mahasiswa mewakili negara Lao People’s Democratic Republic, dimana:

 

·         Laras Thyrza Amandari (FH 2016) dan Vini Alya (FISIP 2015) membahas topik GenderDiscrimination dalam sesi United Nations Development Programme (UNDP);

·         Muhammad Naufal Lubis (FT 2014) dan Alfredo Andrianto (FT 2014) membahas Biological Warfare di Disarmament and International Security Committee (DISEC); serta

·         Edward Candy (FH 2016) dan Sarah Christine (FKM 2015) membahas Trade and Migrant Workers’ Rights di Association of Southeast Asian Nations (ASEAN)

 

 Indikator yang dinilai dalam WorldMUN di antaranya meliputi kualitas kepemimpinan, kualitas pidato yang dibawakan, kemampuan bernegosiasi, kualitas makalah, kualitas draft resolution dan research paper, serta kualitas ide yang disampaikan selama debat berlangsung. Tidak hanya itu, dua mahasiswa Universitas Indonesia juga berhasil menjadi Assistant Director melalui seleksi yang sangat ketat. Mereka adalah Christella Fenisianti (FISIP 2016) sebagai Assistant Director di ASEAN, dan Firman Raharjo (FT 2014) sebagai Assistant Director di Commision on Narcotic Drugs (CND). Adapun penghargaan “Verbal Commendation” merupakan penghargaan tertinggi kedua yang diberikan oleh Harvard University pada ajang Harvard World Model United Nations tersebut. Delegasi UI sangat bersyukur atas kesempatan untuk mengharumkan nama Indonesia pada kompetisi presisius tingkat dunia ini.

 

 

Sumber : http://uiupdate.ui.ac.id