DEPOK.  Cochrane merupakan lembaga penelitian independen dan bergengsi di dunia yang berpusat di London, Inggris. Lembaga ini mempunyai lebih dari 130 negara yang turut berpartisipasi aktif sebagai anggota dalam jaringan Cochrane Global. Tujuan utama dari lembaga ini adalah mempromosikan ilmu kesehatan yang berbasis bukti-bukti atau informasi yang relevan (evidence base), seperti penelitian ataupun data.


Dalam kesehariannya, lembaga ini mengumpulkan dan menganalisis informasi-infromasi tersebut untuk kemudian disebarkan ke masyarakat agar dapat digunakan dalam pelayanan kesehatan yang efektif. Informasi dari Cochrane sudah banyak digunakan oleh banyak ahli, peneliti, pemerintah, maupun praktisi dalam bidang kesehatan di seluruh dunia.


Dilansir dari laman Universitas Indonesia pada (22/3/2018), bahwasanya beberapa waktu lalu, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menghadiri peresmian Cochrane di Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM), Jogjakarta. Kegiatan peresmian tersebut dilakukan oleh Mark Wilson (CEO Global Cochrane) bersama dr. Detty S. Nurdiati, MPH, SpOG(K), PhD (Direktur Cochrane Indonesia ), Dr. dr. Ari Fahrial Syam (Dekan FKUI) dan Prof. dr. Ova Emilia (Dekan FKKMK UGM).


Di Indonesia sendiri, penjajakan kerja sama pendirian lembagai ini telah dilakukan melalui Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gajah Mada (UGM) sejak tahun 2004. Dengan penjajakan tersebut, nantinya para peneliti dari kedua kampus besar di Indonesia tersebut (UI dan UGM), akan bekerjasama dalam sebuah tim dengan Cochrane Indonesia dan Kementerian Kesehatan untuk menginformasikan dan melakukan pelatihan bagi tenaga medis di Indonesia.


Menurut Siti Setiati, Kepala Pusat Afiliasi Cochrane Indoensia, nantinya fakta-fakta atau bukti (evidence base) dari penelitian tersebut akan diteliti kembali apakah sesuai dan dapat diterapkan di Indonesia atau tidak. “Karena kondisi masing-masing negara pasti berbeda,” ujarnya. Untuk mengetahui data penelitian dan ulasan komprehensif Cochrane Indonesia, saat ini dapat diakses dari laman resmi Cochrane. Selain itu, pengguna laman juga dapat menggunakan fitur search untuk mengetahui penjelasan istilah-istilah kedokteran.