DEPOK. Hari Jumat (17/8), Universitas Indonesia turut merayakan momen bersejarah perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke-73 dengan melaksanakan upacara bendera yang berlangsung di kampus UI, Depok.

Pelaksanaan upacara bendera ini melibatkan jajaran pimpinan Universitas Indonesia dan seluruh mahasiswa baru angkatan 2018. Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis M. Met., selaku Pimpinan Rektor UI secara langsung hadir sebagai pembina upacara.

Proses pelaksanaan upacara diawali dengan pengibaran bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan Indonesia yang dikibarkan oleh kelompok Paskibra Universitas Indonesia. Setelah proses pengibaran bendera, dilanjutkan dengan sesi mengheningkan cipta yang disampaikan sebagai simbol penghormatan kepada para pahlawan kemerdekaan Indonesia.

Usai mengheningkan cipta, upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan secara berurut-turut teks naskah Proklamasi, pembacaan teks Pancasila, dan pembacaan Pembukaan UUD 1945.
Hingga sampai pada sesi puncak, yaitu pidato sambutan yang diberikan oleh Prof. Anis selaku pembina upacara kepada para peserta upacara.

“Mari bersama kita melihat kebhinekaan Republik Indonesia yang berdiri gagah 73 tahun ini sebagai prestasi yang patut disyukuri bangsa Indonesia. Sebagai rasa syukur telah merayakan kemerdekaan ini melalui kerja kita bersama, sebagai cerminan prestasi bangsa,” sambut Prof. Anis.

Melalui pidato tersebut, Prof. Anis kemudian menyampaikan rasa bangga atas prestasi masyarakat Indonesia yang menjadi motivasi bagi sivitas akademika UI untuk selalu turut andil menorehkan prestasi.

“Prestasi dapat memperkuat rasa bangga dan keyakinan diri kita sebagai bangsa Indonesia. Sebagai sivitas akademika, mari senantiasa meningkatkan pemanfaatan IPTEK sehingga dapat berkontribusi maksimal guna menjawab permasalahan bangsa,” jelasnya dalam pidatonya.

Demikian kalimat penutup dari pidato sambutan rektor, sekaligus sebagai penutup prosesi perayaan HUT ke-73 RI di Universitas Indonesia pagi hari ini. Selamat ulang tahun Republik Indonesia. Merdeka!

Artikel ini diambil dari: http://www.ui.ac.id/berita/kerja-kita-prestasi-bangsa-ui-rayakan-hut-ke-73-republik-indonesia.html