Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) berhasil merampungkan program bakti sosial kesehatan “Bhakti Papua” di Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), Papua Barat, pada Selasa (16/8/2018).


Selama 6enam hari,Tim Bhakti Papua sukses mengadakan program bakti sosial kesehatan di total tujuh desa di Distrik Anggi dan Anggi Gida.Titik-titik tersebut dipilih berdasarkan pertimbangan atas keberadaan sekolah dasar (SD) yang memang belum tersebar secara merata di Papua Barat.


Kalangan anak-anak menjadi salah satu target program penyuluhan kebersihan pribadi pada program Bhakti Papua.“Kami targetkan usaha ini sebagai langkah preventif, agar anak-anak dapat menjadi agen perubahan dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat ke depannya,” tutur Azhari Shofiya, Penanggung Jawab Tim Bhakti Papua.


Selain penyuluhan kebersihan pribadi, tim Bhakti Papua juga melaksanakan program penyuluhan kesehatan dan pengobatan massal. Program penyuluhan kesehatan berfokus pada isu gizi serta kesehatan ibu dan anak. Sementara itu, pengobatan massal dilakukan melalui pemeriksaan kesehatan serta pemberian obat dan rujukan yang dibutuhkan.


Shofiya berujar, Bhakti Papua lahir dari rasa peduli dan tanggung jawab Mapala UI atas tugas pengabdian sosial yang diemban mahasiswa.“Menyadari masih rendahnya angka kesehatan di Papua, kami harap langkah kecil kami dapat menjadi awal perubahan menuju Papua yang lebih sehat,” imbuhnya.


Secara keseluruhan,tim Bhakti Papua berhasil menjangkau sebanyak 465 masyarakat dalam program bakti sosial kesehatan ini, yang terdiri dari pasien pengobatan massal, anak-anak SD, serta masyarakat umum.


Senada dengan itu, Ketua Umum Mapala UI, Muhammad Jazmi menegaskan bahwa program ini merupakan wujud nyata tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.“Sebagai organisasi yang berusia lebih dari setengah abad, kami akan terus mengabdi untuk Indonesia,” ujarnya.


Tim Bhakti Papua sendiri terdiri atas sinergi beberapa pihak, yakni anggota Mapala UI, Tim Bantuan Medis Fakultas Kedokteran (TBM FK) UI, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan (BEM FIK) UI dan BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI.


Bhakti Papua adalah salah satu agenda dari Ekspedisi Bumi Cenderawasih Mapala UI selain eksplorasi “Pesona Alam Cenderawasih”, penjelajahan potensi ekowisata yang diadakan dalam kurun waktu 9-28 Agustus 2018 di Kabupaten Pegaf dan Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat.


Dalam ekspedisi ini, Mapala UI didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat, TNI-AD, Kementerian Pembangunan Desa dan Daerah Tertinggal, Kementerian Kesehatan, PT. PLN (Persero), PT Eigerindo Multi Produk Industri (Eiger), Madu Bima, Telkomsel, TBM FK UI, BEM FKM UI, dan BEM FIK UI.


Artikel diambil dari: http://www.ui.ac.id/berita/mapala-ui-sukses-selenggarakan-bakti-sosial-di-papua-barat.html