VIVA – Universitas Indonesia (UI) bersama Kementerian Pendidikan dan Keterampilan Irlandia resmi melakukan penandatangan nota kesepahaman, terkait kolaborasi pendidikan antardua belah pihak di gedung Rektorat UI, Depok, Jawa Barat, Selasa, 18 September 2018.


Kesepakatan yang ditandatangani langsung oleh Menteri Pendidikan dan Keterampilan Irlandia Richrad Bruton dan Rektor UI, Prof Muhammad Anis itu disaksikan langsung duta besar Irlandia untuk Indonesia, Olivia Leslie dan sejumlah pemimpin perguruan tinggi negara tersebut. 


Dengan adannya nota kesepahaman itu, UI dan perguruan tinggi di Irlandia diharapkan dapat saling berkolaborasi untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di UI dan Indonesia pada umumnya.


“UI dengan senang hati menerima kehadiran Mr. Richard ke UI. Kami menerima ini sebagai bentuk apresiasi bagi UI,” kata Rektor UI, Prof Muhammad Anis.


Lebih lanjut, Anis mengatakan, kunjungan Menteri Richard ini sekaligus menjadi penanda dibukanya pintu kerja sama antardua negara, sehingga peluang ini bukan saja untuk UI melainkan untuk kampus lainnya di Indonesia.


“Kolaborasi yang dijalankan antara UI dengan dua universitas yang ada di Irlandia di antaranya dalam bidang pertukaran mahasiswa dan tenaga pendidik atau dosen, double atau joint degree serta kerja sama riset,” katanya.



sumber: viva.co.id