DEPOK. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (2/2) menghadiri Dies Natalis ke-68 Universitas Indonesia (UI). Acara tersebut sekaligus Peresmian Forum Kebangsaan UI di Kota Depok, Jawa Barat. 


Dalam sambutan awalnya, orang nomor satu di Indonesia tersebut mengucapkan terima kasih kepada Universitas Indonesia, sebab Universitas Indonesia merupakan menyumbang terbanyak Menteri-menteri di kabinet kerja Jokowi, seperti Kementerian  Koordinator (Kemenko) Perekonomian, Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Kepala Staf Kepresidenan, dan dua Staf Khusus Kepresidenan.“Ini menunjukkan bahwa UI merupakan gudangnya orang-orang pintar, sumber para pejuang pembangunan, Sumber Inspirasi, Sumber Energi Untuk Mencapai Indonesia Yang Maju,” tutur Presiden di Balairung UI, Depok.


Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut berharap UI bisa menjadi perguruan tinggi yang mampu beradaptasi dan paling lentur dalam perubahan zaman. Ia juga menekankan bahwa UI harus mampu mencetak sumber daya manusia (SDM) yang agresif dan menjadi perguruan tinggi yang siap dalam menghadapi revolusi industri 4.0 atau revolusi dunia keempat di mana internet dan teknologi digital menjadi masif. Namun menurutnya, semua itu dapat diwujudkan ketika terus adanya kobaran keinginan untuk terus berinovasi dan memerlukan fasilitas kampus untuk mendukung inovasi tersebut. “Jangan lagi terjebak dalam rutinitas, cara baru harus dikembangkan,” ujarnya.


Kepala Negara juga menambahkan bahwa cara kerja kampus UI harus lebih berinovasi agar mampu mengembangkan kreativitas baru bagi seluruh civitas akademika UI.


Jokowi juga yakin bahwa UI mampu menjadi contoh bagi lahirnya inovasi dalam organisasi-organisasi, menjadi contoh kurikulum dan metode Pendidikan dalam melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kompetitif, menjadi contoh dalam riset dan iluminasi yang menyejahterakan rakyat serta memenangkan Indonesia dalam persaingan global, dan memberikan kontribusi besar untuk kemajuan Indonesia. “Selamat ulang tahun ke-68, dirgahayu Universitas Indonesia.  Pandulah Indonesia menuju Indonesia nan Jaya, Indonesia maju‎," pungkasnya.